Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Pendidikan di Sekolah Dasar.

Musi Banyuasin286 Dilihat

BM. DI- Karya Desak Made Enjelia Sukma,
Dosen pengampu : Mazda Leva Okta Safitri M,Pd., Dwi Cahaya Nurani M,Pd.
Fakultas : Fkip Pgsd Universitas Sriwijaya Palembang.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat pesat dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran berbasis information commucation techonology (ICT) merupakan pembelajaran berbasis komputer dan multimedia yang sudah sangat berkembang pesat. Hal ini tidak dapat dihindari seiring dengan kebutuhan akan media interaktif yang dibutuhkan dibidang pendidikan.

Dalam proses pembelajaran, teknologi ICT seperti komputer atau laptop sudah banyak digunakan. Sebagai contoh, dengan adanya komputer multimedia yang mampu menampilkan gambar maupun tulisan yang diam, bergerak bahkan bersuara pun bisa. Dalam era digital saat ini, berbagai sekolah telah menggunakan teknologi seperti dalam membuat media pembelajaran, e-LKPD, dan lain-lain. Pemanfaatan teknologi yang difasilitasi internet juga dimanfaatkan peserta didik untuk mencari jawaban soal. Tetapi, dari kemajuan teknologi tersebut tentu akan menimbulkan pengaruh yaitu dapat berupa pengaruh positif maupun negatif.

Terdapat pengaruh positif media ICT dalam pendidikan yaitu dapat memudahkan dalam mencari informasi seperti tentang materi-materi pembelajaran yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, meningkatkan pengetahuan tentang teknologi, dapat menarik perhatian peserta didik, pembelajaran dapat menjadi lebih menyenangkan seperti dapat mengerjakan kuis melalui aplikasi quizizz ataupun wordwall, pembelajaran menjadi lebih mudah karena dapat mengakses berbagai hal melalui internet dan materi pelajaran dapat dibuat lebih menarik dan interaktif melalui media pembelajaran berbasis ICT. Selain itu juga, terdapat pengaruh negatif nya yaitu peserta didik dapat melakukan kecurangan dengan menggunakan teknologi seperti jam tangan elektronik ataupun menggunakan handphone saat ujian, membuat peserta didik malas dalam menyelesaikan tugas dikarenakan peserta didik terbiasa hanya mengcopy paste jawaban melalui internet, membuat keterampilan menulis peserta didik menurun dan dapat membuat peserta didik kurang fokus atau kurang konsentransi saat proses pembelajaran.

Dari permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara guru dapat mengawasi dan membatasi waktu pemakaian media ICT dalam pembelajaran, tidak menjadikan media ICT sebagai sarana satu-satunya dalam pembelajaran, memberikan pengajaran etika dalam menggunakan media ICT dan menggunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi kesehatan anak.(**)

-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *